Pedoman Media Siber

Pedoman Media Siber

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:

  1. Ruang Lingkup
    Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana Internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers. Isi Buatan Pengguna (USER GENERATED Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.
  2. Verifikasi dan keberimbangan berita
    1. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
    2. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.
    3. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
      1. Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
      2. Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;
      3. Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;
      4. Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.
    4. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (UPDATE) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.
  3. Isi Buatan Pengguna (USER GENERATED Content)
    1. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
    2. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses LOG-IN terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai LOG-IN akan diatur lebih lanjut.
    3. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:
      1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
      2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;
      3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
    4. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c). Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
    5. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 X 24 jam setelah pengaduan diterima.
    6. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
    7. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).
  4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab
    1. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
    2. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
    3. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.
    4. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:
      1. Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;
      2. Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
      3. Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.
    5. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).
  5. Pencabutan Berita
    1. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.
    2. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
    3. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.
  6. Iklan
    1. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
    2. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan “advertorial”, “iklan”, “ads”, “sponsored”, atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.
  7. Hak Cipta
    Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  8. Pencantuman Pedoman
    Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.
  9. Sengketa
    Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.
pro mahjong dki jakarta bawa maxwin seorang player bahagia jackpot mahjong ways di 169cuan poin rating menang mahjong wins 3 meningkat tajam tips menang mahjong wins 3 pemain bantar gebang maxwin penjahit baju keliling menang 29 juta dari mahjong ways 169cuan pembuktian skill gamer menjebol scatter hitam dengan pola 169cuan wisata kuliner dengan sentuhan teknologi scatter hitam 169cuan mantan admin bongkar trik scatter hitam mahjong ways keajaiban scatter hitam mahjong di 169cuan fenomena scatter hitam mahjong ways 169cuan pertahanan mahjong wins 3 169cuan kuasai saham indonesia pakar game online uji coba mahjong 169cuan anak muda gorontalo temukan penghilang stress lewat mahjong wins 3 warga citra raya diterpa angin cuan mahjong ways scatter hitam pemain mahjong wins 3 jakut pecahkan scatter hitam syahril menang rp 58 juta di mahjong ways jakarta dikejutkan kemenangan dari scatter hitam penelitian ungkap scatter hitam punya efek 500x lebih dahsyat berkat mahjong ways 2 di 169cuan heboh rekor game mahjong ways jackpot fantastis di 169cuan scatter hitam mahjong wins 3 heboh di jawa tengah strategi scatter hitam terbaru kolaborasi hadirkan mesin mahjong inovatif teori konspirasi dunia soroti misteri scatter hitam mencuat di bali pemain asal depok borong mahjong wins 3 kesuksesan datang kapan saja saat jackpot mahjong ways 2 momen strategi baca mahjong ways 2 pola mahjong ways 2 bisa rungkad jika salah perhitungan bocorin pola mahjong wins 3 dijamin banjir scatter barista cantik jakarta selatan jadi sorotan komunitas slot fitur scatter modern slot mahjong dihadirkan 169cuan trik menang pragmatic play gates of olympus 1000 teknologi era sekarang memberikan kemudahan menang di fortune gods pola sweet bonanza kemenangan hasil akhir warga krukut menang ratusan juta di gates of olympus 1000 kurir jnt menang 98 juta dari mahjong ways di 169cuan ratusan juta penyanyi pub menang dari sweet bonanza jackpot 509 juta di sugar rush 1000 influencer jackpot 619 juta mahjong wins 3 mahjong ways 2 seru malam ini di 169cuan seorang gamer raih 119 juta di mahjong wins 3 dengan rumus alam pak darmadi bengkel motor menang mahjong wins 3 siska natalia spg hyundai menang mahjong ways 2 tukang ojek main mahjong wins 3 jackpot 55juta tukang las ketok magic mobil jackpot di mahjong ways 2 kang asep sopir kontainer menang mahjong wins 3 heboh tukang parkir menang mahjong wins 3 fakta sejarah indonesia terbongkar lewat mahjong ways penjaga warnet menang rp303 juta dari scatter hitam malam jumatan naga hitam mahjong wins melesat cuan kisah nyata tukang sapu menang rp143 juta di mahjong ways 2 mahjong ways picu scatter ganda usai demo driver ojol cuan di mahjong ways rp72 juta wisdom of athena di 169cuan gatot kaca di 169cuan rima pemilik kost menang rp82 juta mahjong ways pemerintah dukung pemain mahjong wins 3 di jawa tengah lagi manis kena x1000 sweet bonanza 169cuan link jp mahjong ways 169cuan rtp 98 pola anti tekor gatot kaca 1000 169cuan spin receh maxwin petir cita cita wahyuddin usai menang mahjong wins 3 seorang penjaga warnet jadi pemilik usai menang di pgsoft cilok menang 60jt olympus 169cuan bermain mudah mahjong wins1 rahasia pola gacor gates of olympus 169cuan rahasia jackpot mahjong wins 3 169cuan menaklukkan gates of gatot kaca 1000 169cuan pola peti emas bonanza gold meraih jackpot starlight of princess 1000 169cuan penjaga warung gacor starlight princess trik pola mahjong ways tanpa vip tukang cuci motor bonanza gold subuh mahasiswa kos gates olympus akhir bulan sugar rush saldo meledak ob lembur bonanza gold scatter pelajar smk mahjong wins combo naga game spaceman gacor 2025 strategi menang modal kecil jadi jutaan spaceman gacor 2025 terbang bersama cuan jatuh jadi sultan sugar rush gacor 2025 dari permen ke puluhan juta mahjong ways 1 gacor 2025 ubin emas bawa maxwin montir bonanza gold sore wild west gold gacor 2025 rodeo cuan modal receh buffalo king megaways gacor bikin dompet gendut rise of samurai megaways gacor bonanza gold pragmatic gacor spin receh dapat maxwin zeus vs hades slot gacor 169cuan sweet bonanza pragmatic spin manis bikin saldo mekar 2025 teriak maxwin dikejar emak slot zeus viral di 169cuan teror misterius dibalik maxwin slot 169cuan petani gates olympus sore anak kos scatter bonanza gold mahjongways2 sepi pecah selayar ojol starlight perkalian helm ajaib emak nur bawa maxwin di warung 169cuan bakso bonanza peti laundry starlight scatter kode gelap olympus pola gonta ganti olympus flow delay olympus x100 wisdom of athena gacor 169cuan glitch visual starlight power of merlin megaways prediksi parlay 2025 glitch sweet bonanza scatter sugar rush 1000 di 169cuan mahjong ways di 169cuan anto driver ojol menang mahjong ways rp288 juta aziz tukang fotocopy bogor jackpot mahjong ways rp210 juta bonus turbo mahjong cuan rp100 juta semalam driver ojol cuan rp72 juta dari mahjong ways dapatkan kejutan dari mahjong ways 2 kemenangan 2M game online terbaik di tahun 2025 gates of olympus 1000 main sweet bonanza seru hanya hari ini menang pragmatic play gates of olympus tidak susah ojek pangkalan menang rp79 juta mahjong ways peluang pecah game online starlight princess penjual es maxwin di mahjong ways rp82 juta pola scatter berjejer di mahjong ways scatter ganda mahjong ways muncul beruntun sutrisna ojol mataram tembus scatter mahjong ways sweet bonanza dunia warna hadiah menakjubkan sweet bonanza game buah permen menguntungkan sweet bonanza kombinasi warna bonus spektakuler sweet bonanza nikmati putaran seru bonus lezat sweet bonanza hadirkan hiburan manis tak terlupakan wahana bermain mahjong wins 3 sctter hitam meledak 8M tetap bijaksana dalam pengambilan keputusan fokus hasil akhir sweet bonanza petualangan manis penuh hadiah sweet bonanza putaran manis peluang fantastis tingkatkan peluang menang totem warrior viral tukang cilok keliling menang rp169 juta dari mahjong 3 guru sdn desa sukamaju viral menang rp891 juta kisah inspiratif pria perantauan menang rp598 juta hadir membawa sensasi baru peluang lebih menjanjikan menang starlight princess x1000 perbanyak strategi proses menang sweet bonanza x1000 gampang heboh seorang ibu menang rp678 juta dari starlight princess geger seorang kakek jackpot rp30 juta di mahjong ways 2 bersama 169cuan sensasi maxwin hebat pak umar saat main gates of gatot kaca cerita pemuda pekalongan rp50 ribu sweet bonanza kantongi rp289 juta heboh seorang pria asal karawang membawa pulang rp178 juta dari sweet bonanza 1000 ada cerita cuan dari sugar rush 1000 di 169 cuan seperti pengusaha startup jakarta naik terus saldo setelah main gates of olympus 1000 di 169cuan acong berhasil bawa pulang ratusan juta perjuangan mendapatkan jajan harian dengan putaran fruit party pecah black scatter mahjong wins 3 ternyata gampang sisi lain mahjong ways yang membawa banyak kejutan scatter gates of olympus membuka kemenangan kuncinya konsisten roda gila the dog house bawa hoki Perangkat Lunak Fruit Party Klub Asosiasi 169Cuan